Sabtu, 12 Desember 2015

TENTANG BUDIDAYA KATAK LEMBU TERBARU YANG SEDANG MARAK DI JAKARTA

PELUANG BARU DUNIA PETERNAKAN KATAK LEMBU MENGANGKAT PEREKONOMIAN SKALA KECIL DAN MENENGAH.

Dalam dunia peternakan ada hal baru  yaitu cara budidaya kodok lembu atau berternak katak lembu. Pemijahan katak lembu di Jakarta merupakan hal baru dibidang ternak katak yang merupakan binatang  yang hidup di dua alam Air dan Daratan.  Sepuluh  tahun belakangan ini peternak katak lembu mulai bermunculan dikarenakan banyaknya permintaan jenis katak konsumsi ini dari pasar luar negeri khususnya negara negara yang masyarakatnya  memakan jenis katak konsumsi ini menjadi makanan lezat dan favorit dengan sebutannya swike kodok.

swike kodok goreng mentega
Swike Kodok Lembu

Pasar export katak konsumsi dari Jakarta ke Negara tetangga khususnya Singapura, Taiwan, China, Korea, dan Jepang sangat tinggi  permintaan akan  katak lembu segar dan katak lembu hidup.

Terlepas dari soal masalah kontroversi bahwa makan katak haram juga menjadi keraguan para peternak katak lembu dan penjual katak lembu Jakarta dan  didaerah. Tapi cukup ada harapan rasanya ketika fatwa MUI katak telah dikeluarkan. Fatwa bahwa berternak katak lembu atau melakukan bisnis katak lembu dan juga pemasaran katak lembu  diperbolehkan, namun hukum makan katak menurut Islam  tetap mengharamkan makan katak.

Prospek budidaya katak semakin hari semakin meningkat setelah fatwa MUI tentang katak yang memperbolehkan untuk ternak katak lembu atau budidaya kodok  lembu itu sendiri. 



katak dewasa
Foto Katak lembu (bullfrog)

Berharap mendapat kesempatan dibidang budidaya katak lembu, Harga katak lembu di Jakarta cukup stabil serta menjanjikan, maka bersama teman teman yang satu visi di bidang budidaya katak lembu di Jakarta  akhirnya kami sesama peternak katak lembu dari jenis katak konsumsi ini bisa melakukan jual beli katak lembu kepada sesama peternak katak lembu serta melakukan pemasaran katak lembu secara bersama untuk kebutuhan dalam kota atau lokal. Masih  banyak permintaan akan jenis katak konsumsi ini dari restaurant dan juga dari pengepul katak lembu partai besar yang belum sanggup untuk kami penuhi.

pemijahan katak lembu
Foto Katak Lembu Dewasa


Melakukan budidaya katak lembu dan pemasaran katak lembu segar memiliki tantangan tersendiri, walaupun katak lembu  atau Kodok lembu  bukan menu makanan yang merupakan makanan biasa dan  hanya orang tertentu saja yang tidak mengharamkan katak lembu. Klasifikasi katak lembu adalah dari jenis katak untuk konsumsi yang juga merupakan menu masakan katak lembu biasa disebut swike yang mereka terbiasa makan.

katak halal atau haram
foto katak lembu  Jenis Konsumsi 


Jadi jika budi daya katak lembu  menjadi hal yang diharamkan untuk dimakan, untuk  beternak katak lembu adalah halal demi untuk membidik export  pemasaran katak lembu dari Jakarta kenegara tetangga. Prospek budi daya katak lembu terbuka sangat lebar, pertama tidak semua orang tertarik berurusan dengan katak apalagi menurut mereka merupakan binatang yang sangat menjijikan, nilai positifnya  berarti bahwa "terbuka peluang untuk berhasil dengan sedikit pesaing di bidang budidaya  kodok lembu ini" kata Yanto seorang budidaya katak lembu  yang masih baru dibidang peternakan katak lembu di Jakarta Utara.

katak percil
foto katak lembu anakan (Percil)

Jual beli Katak Lembu di Jakarta saat ini kebanyakan masih sebatas antara peternak  katak lembu yang sudah cukup lama di bidang perkatakan dengan pembudidaya katak lembu yang  baru   memulai  dan tertarik terhadap prospek budidaya katak lembu. Ada bagusnya dengan lahirnya pem-budidaya katak lembu yang baru sehingga semakin banyak nantinya pembudidaya katak lembu di Jakarta, dan secara langsung menambah ketersedian pasokan dari katak lembu di Jakarta khususnya.

Keuntungannya adalah  mendapatkan harga yang murah  dibandingkan harus membeli dari  daerah karena harus juga memperhitungkan biaya transportasi serta faktor resiko di jalan.    Jual beli katak lembu di Jakarta  mulai marak diantaranya adalan transaksi jual beli bibit berudu / kecebong dan  katak muda (percil)  serta indukan katak dewasa.

kecebong-berudu
Foto Katak anakan ( Berudu-Kecebong) 

Cara budidaya katak lembu saat ini sudah banyak rahasia serta tipsnya yang anda dapatkan  di dunia maya dari soal cara berternak katak lembu sampai dengan panen katak lembu,  sehingga anda dapat dengan mudah menemukan cara budidaya katak lembu baik dari orang yang telah berhasil di bidang budidaya kodok lembu. Semua cara budidaya katak lembu dipaparkan disana berikut dengan tips tipsnya.

Bagi anda yang ingin belajar memulai berternak katak lembu dari jenis  katak konsumsi  ini coba silahkan googling dan cari bahan bahan serta informasinya yang banyak, sebelum anda memulai usaha budidaya kodok lembu. Prospek budidaya katak lembu menunggu anda yang diantara kami sesama pembudidaya menyebutnya Bullfroger. Semoga para Bullfroger Indonesia berhasil menggapai impian menjadi pembudidaya yang  dapat menyatukan pembudidaya seluruh Indonesia dalam satu asosiasi . Syukur dan berharap agar pemerintah dapat menjembatani asosiasi ini untuk dapat ikut meramaikan pasar bebas 2016 tahun depan. Demikan ulasan mengenai prospek budidaya katak lembu terbaru di Jakarta yang kian hari kian menunjukan keberadaanya.

Salam Bullfroger Sukses selalu para pembudidaya katak lembu seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar